Minggu, 30 Maret 2008

Home automation menggunakan X10


X10 adalah protokol komunikasi data melalui kabel instalasi listrik untuk mengontrol beban-beban listrik di rumah. X10 membroadcast data-data nya keseluruh kabel listrik di dalam rumah. X10 merupakan implementasi dari apa yang disebut dengan Teknologi PLC (Power Line Carrier , pengertian bebasnya kira-kira : komunikasi data melalui jalur power listrik ). Ada beberapa varian dari teknologi PLC ini. Satu diantaranya yang paling banyak dikenal adalah X10. Teknologi X10 ini menumpangkan data pada 50-60 Heartz frekwensi listrik kita di rumah, dengan demikian kode-kode kontrol yang dikirim oleh sebuah pengirim x10 akan terdistribusi di sepanjang kabel instalasi listrik di rumah. Jika disuatu titik kita install penerima kode yang berfungsi sebagai saklar ON/OFF maka kita sudah bisa mengkontrol (baca : menghidup-matikan) lampu dan peralatan listrik lainnya di rumah kita, melalui teknologi X10. Karena komunikasi data nya ditumpangkan pada kabel listrik sehingga dalam prakteknya, teknologi X10 tidak membutuhkan kabel-kabel tambahan untuk instalasi.

Kunci utama keuntungan (keunggulan) X10 terletak pada proses penginstalasiannya yang tidak memerlukan kabel-kabel tambahan sehingga proses penginstalasian tidak akan membuat dinding rumah anda harus di bongkar tutup.

Pada gambar terlihat pengirim kode x10 mengirimkan kode-kode datanya keseluruh jaringan kabel listrik. Alat penerima x10 yang mempunyai kode alamat yang sama dengan yang dikirim oleh pengirim x10 akan mengolah data selanjutnya



Dalam prakteknya , ada dua komponen utama X10 , yaitu pengirim kode-kode X10 dan penerima kode-kode x10, kode kode ini berisi alamat penerima dan kondisi yang diinginkan , seperti ON , OFF, DIM ( meredupkan redup), Bright (menjadikan lampu lebih terang pada posisi maksimum). Alat penerima kode-kode x10 biasanya diberikan address /alamat secara manual . Sehingga disaat address yang diterimanya sama dengan alamat dirinya , maka dia akan menerima dan menerjemahkan kode-kode perintah selanjutnya : on, off, dim, bright. Pengalamatan dalam satu area bisa menampung 256 alamat X10 , dengan demikian 256 titik lampu dan beban listrik lainnya dapat terakomodasi dalam satu rumah, banyak sekali bukan ?


Apa yang bisa dilakukan X10 untuk rumah kita :

- Untuk mengontrol lampu-lampu dan peralatan listrik lainnya secara otomatis, berdasarkan jam , atau sensor-sensor (seperti sensor cahaya , sensor gerak, sensor magnet dll)
- Untuk mengontrol lampu-lampu dan peralatan listrik lainnya melalui remote kontrol RF (radio pemancar) maupun melalui remote IR (Infra Red)
- Untuk membuat sistem keamanan rumah, untuk deteksi dini akan kemungkinan adanya penyusup, Gas, Api dll.
- Otomasi pada Garasi , pagar rumah, gorden dll.
- Untuk otomasi penyiram rumput dan tanaman di halaman rumah
- Dll.





Harry Rinaldi

Email : harry [at] rumahpintar [dot] com

** Notes : penulisan email dengan cara diatas adalah untuk menghindari robot pengirim spam yang secara otomatis men-scan format alamat email dengan karakter